Jumat, 01 Maret 2019

Cara Menulis Karya Ilmiah Dan Sistematika Penulisan Karya Ilmiah

cara menulis karya ilmiah

Untuk mengetahui cara menulis karya ilmiah, kamu harus tahu dulu apa saja jenis jenis karya ilmiah. Karena cara membuat karya ilmiah dibedakan atas penggunaanya. Misalnya saja digunakan untuk laporan penelitian sebuah lembaga yang telah membiayai semua hal yang berhubungan pada penelitian tersebut.
Berbeda dengan karya ilmiah yang digunakan untuk seminar, biasanya jenis karya ilmiah ini berbentuk sebuah jurnal atau makalah yang berhubungan terhadap masalah seminar. Walaupun begitu, pada bangku perguruan tinggi terdapat karya tulis ilmiah diantaranya: makalah, skripsi, kertas kerja, tesis dan juga disertasi.

1. Menentukan judul

Langkah pertama untuk cara membuat karya tulis ilmiah ialah menentukan judul. Disini judul yang kamu ambil harus konkrit, tidak meluas serta menggambarkan ide dari hasil karya tulis ilmiah yang kamu buat. Untuk itu, tentukan tema dahulu sebelum kamu menentukan judul pada karya tulis ilmiah tersebut.

2. Memberikan latar belakang

Selanjutnya ialah dengan mencantumkan latar belakang. Tujuannya ialah supaya pembaca mempunyai pemahaman awal pada karya tulis ilmiah buatan kamu. jadi, tulislah latar belakang kenapa kamu mengambil judul tersebut.
Latar belakang masalah berisi tentang kenapa kamu mengambil judul tersebut pada karya tulis ilmiah yang kamu buat. Jadi, berikan gambaran secara garis besar alasan kamu ambil judul tersebut.

3. Membuat rumusan masalah

Tahap selanjutnya yang harus dicantumkan ialah rumusan masalah. Dengan pembuatan rumusan masalah, tentu akan membatasi ruang lingkup pembahasan dalam karya tulis ilmiah buatan kamu. cara menemukan rumusan malasah ialah dengan menghadapkan sebuah hal yang ideal terhadap realitas yang terjadi.
Contohnya saja secara ideal koruptor harus dihukum mati. Namun faktanya koruptor Cuma diberi hukuman penjara. Sehingga kamu bisa coba buat rumusan masalah mengenai factor apa saja penghambat penerapan hukuman mati untuk koruptor.

4. Membuat pembahasan yang sederhana

Cara membuat karya tulis ilmiah selanjutnya ialah dengan melakukan analisis dari pembahasan yang kamu buat. Caranya dengan menerapkan beberapa hal yang ideal dengan fakta yang ada. Pastinya ada beberapa factor yang akan menghalangi penerapan tersebut.
Sehingga kamu harus memberikan gagasan untuk menghilangkan penghalang tersebut. Selain itu, analisis yang kamu lakukan juga harus bersifat mudah dipahami dan sederhana.

5. Membuat Kesimpulan

Cara membuat karya tulis ilmiah yang terakhir dengan mencantumkan kesimpulan. Bagian kesimpulan jangan terlalu panjang dan sertakan dengan saran. Kesimpulan ialah tulisan mengenai jawaban dari pembahasan karya tulis ilmiah yang kamu buat.

Sistematika Penulisan Karya Ilmiah


sistematika penulisan karya ilmiah
huffingtonpost.com

Untuk sistematika penulisan karya ilmiah disini kamu harus menuliskan beberapa hal seperti berikut ini.

BAGIAN PEMBUKA

Pada bagian pembuka, harus terdiri dari: sampul, halaman judul, dan juga halaman pengesahan. Selain ketiga itu, kamu juga harus menambahkan abstraksi, kata pengantar serta daftar isi.

BAGIAN ISI

Untuk sistematika pembuatan karya tulis ilmiah selanjutnya ialah bagian isi. Pada bagian ini harus terdiri dari pendahuluan, adanya Latar belakang masalah, Rumusan masalah, pembatasan masalah atau pembahasan, apa saja tujuan penelitiannya, serta Metode penelitian.

PEMBAHASAN

Dalam tahap pembahasan karya tulis ilmiah, kamu harus mencantumkan pembahasan teori, argumentasi keilmuan dan kerangka pemikiran, serta pengajuan hipotesis masalah.

METODOLOGI PENELITIAN

Selanjutnya ialah tahap metodologi penelitian. Pada tahap ini kamu harus mencantumkan Waktu & tempat penelitian, bagaimana Metode & rancangan penelitiannya, apa saja Populasi & sampelnya, bagaimana Instrumen penelitian, dan Pengumpulan data ataupun analisis datanya.

HASIL PENELITIAN

Langkah yang selanjutnya ialah hasil penelitian. Pada tahap ini kamu harus menyertakan tentang jabaran varibel penelitian, bagaimana hasil penelitiannya, pengajuan hipotesis, tentang diskusi penelitian, memberikan pandangan teoritis terkait hasil yang sudah kamu dapatkan.

BAGIAN PENUTUP

Pada bagian ini kamu harus memberikan ulasan tentang Penutup, Kesimpulan dan juga Saran.

BAGIAN PENUNJANG

Ada juga bagian penunjang yang harus kamu lampirkan ialah Daftar pustaka, beberapa lampiran yang menjadi instrumen penelitian, dan juga daftar Tabel





























sumber : dentmasoci.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar